Tahitian Noni CIkarang

Ayurveda musim panas Diet dan Latihan

Ayurveda musim panas Diet dan Latihan

Dalam Ayurveda musim panas adalah waktu dehidrasi baik di dalam dan di luar tubuh kita. Api dan air adalah elemen energik terkuat saat ini tahun dimana dosha Pitta adalah yang paling dominan. The Pitta dosha adalah ekspresi dari energi primer yang berasal dari api dan air. Untuk menyeimbangkan dominasi elemen ini, adalah penting bahwa kita mengikuti panduan musim panas berdasarkan prinsip "seperti meningkat seperti."

Diet

Ketika Pitta mendominasi karena pola makan yang salah dan gaya hidup, penyakit yang berhubungan dengan panas terjadi seperti panas tubuh yang berlebihan, mulas, hiper-keasaman, diare, ruam kulit, jerawat, sakit maag, dan beruban dini rambut. Emosi negatif juga muncul seperti marah, frustrasi, marah, cemburu, penilaian dan kritik. Dengan demikian, diperlukan perawatan khusus untuk tetap dingin, tenang dan menjaga keseimbangan.

Adalah baik untuk makan makanan ringan dan lebih kecil selama musim panas karena ini akan menjaga tubuh dingin. Panas internal tubuh dan suhu panas matahari kompromi Agni (kekuatan sentral) dan harus seimbang. Untuk mendinginkan, kita perlu makanan manis, pahit dan zat dalam makanan kita. Makanan ini akan mencakup selada, arugula, kemangi dan radicchio (salad hijau), mangga, mentimun dan air kelapa, buah mentah, teh mint dan jus buah alami.

Sayuran lainnya, buah-buahan dan rempah-rempah yang mendinginkan tubuh adalah apel, cranberry, semangka, ketumbar, okra, zucchini, ghee, sayuran hijau, kale, delima, dill, adas, ketumbar, kunyit, minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak bunga matahari

Hal terbaik untuk menjauh dari cabai, bawang putih, jahe kering, lada hitam, makanan pedas dan fermentasi, buah-buahan asam, protein berat, minyak mustard dan kopi.

Latihan ringan

Latihan ringan dianjurkan untuk mencegah ketidakseimbangan dalam Pitta. Contoh latihan ringan berjalan, yoga lunar dan restoratif yoga, tai chi, berenang dan bersepeda.

Yoga asanas dianjurkan untuk membuang kelebihan panas tubuh. Beberapa gerakan yang tikungan ke depan, tikungan dan tikungan kembali ringan. Berhati-hati dengan berdiri asana karena mereka membangun panas dalam tubuh bukannya pendinginan bawah.

Waktu terbaik untuk berolahraga adalah pagi atau saat matahari terbenam. Hindari berolahraga antara 11:00-03:00 yang merupakan waktu terpanas hari.

Pembersihan di musim panas

Berikut adalah beberapa tips pembersihan direkomendasikan untuk musim panas:

Melakukan beberapa asana yoga ketika Anda bangun dan fokus pada pikiran pengampunan dan bersikap baik kepada diri sendiri. Ini adalah sadhana pendinginan. Setelah itu, Anda dapat berlatih pranayama shitali (pernapasan hidung sebelah kiri) untuk mendinginkan panasnya pitta dosha. Sebelum Anda mulai bermeditasi memastikan bahwa semua panas internal dalam tubuh dilepaskan.

Sebelum mengambil mandi memanjakan diri dalam pijat seluruh badan menggunakan PAOK minyak pijat, minyak kelapa atau minyak bunga matahari. Minyak esensial pendingin lainnya cendana, melati, lavender, lotus, gardenia, khus, akar wangi dan naik minyak. Dalam Ayurveda, minyak esensial menenangkan doshas diprovokasi (bio-energi).

Untuk meningkatkan pencernaan dan menenangkan pikiran minuman jinten, ketumbar, adas, mawar dan mint teh.

Pilih pakaian yang terbuat dari katun, linen dan sutra dengan warna-warna terang seperti putih, biru dan hijau. Warna merah dan kuning meningkatkan elemen api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar